Alih fungsi masjid



Perkembangan zaman yang sangat pesat ini menuntut untuk berkembangnya suatu bangunan mulai rumah tempat ibadah dan lain-lain, dengan adanya tuntutan perubahan zaman yang semakin maju  ini akhirnya banyak masjid yang direnofasi, bahkan dalam merenofasi masjid ini ada pengalihan fungsi masjid menjadi tempat parkir/tempat wudlu/WC. Pertanyaannya. Bagaimana hukum pemugaran dan alih fungsi masjid menjadi tempat parkir/tempat wudlu/WC.?

Hukum pemugaran dan alih fungsi masjid menjadi tempat parkir/tempat wudlu/WC diperbolehkan menurut sebagian madzhab hambali. Disebutkan dalam Kitab Matholibu Ulin Nuha. Juz 4, halaman 375, “Boleh meningkat masjid jika penduduk setempat menginginkannya dan membuat kamar mandi dan WC yang ada manfaatnya. Karena itu termasuk kebaikan (maslahah), seperti riwayat Abi Daud. Jika demikian, jelas bahwa orang junub boleh duduk di WC itu, karena sudah bukan masjid lagi. Tapi tidak boleh memindahkan masjid dari tempat satu ke tempat lainnya walaupun sudah rusak.

مطالب أولي النهى - (ج 4 / ص 375) (ويجوز رفع مسجد) إذا (أراد أكثر أهل محلته) أي : جيرانه (ذلك) أي : رفعه (وجعل) تحت (سفله سقاية وحوانيت) ينتفع بها نص عليه في رواية أبي داود لما فيه من المصلحة وظاهره أنه يجوز لجنب ونحوه جلوس بتلك الحوانيت لزوال اسم المسجدية  ولا يجوز نقله أي : المسجد إلى مكان غير مكانه الأول ولو خرب.

Akan Tetapi menurut mayoritas Madzhab Syafi’iyah tidak boleh

(قَوْلُهُ وَلَا يُبَاعُ مَوْقُوْفٌ) أَيْ وَلَا يُوْهَبُ لِلْخَبَرِ الْمَارِ أَوَّل الْبَابِ وَكَمَا يُمْتَنَعُ بَيْعُهُ وَهبتُهُ يُمْتَنَعُ تَغْيِيْرُ هَيْئَتِهِ كجَعْلِ الْبُسْتَانِ دَارًا (إعانة الطالبين، ج 3، ص 179)

Menurut Imam Subki, pemugaran dan alih fungsi masjiditu boleh, dengan Syarat; 1. hanya sedikit dan tidak merubah status, 2. tidak menghilangkan wujud tempat, dan 3. harus ada unsur maslahah.

قَالَ اَلسُّبْكِي يَجُوْزُ تَغْيِيْرُهُ بِثَلَاثَةِ شُرُوْطٍ أَنْ يَكُوْنَ يَسِيْرًا لَايُغَيِّرُ مُسَمَّاهُ وَأَنْ لَا يَزِيْلَ شَيْئًا مِنْ عَيْنِهِ بَلْ يَنْقُلُهُ مِنْ جَانِبٍ إِلَى آخَرٍ وَأَنْ يَكُوْنَ فِيْهِ مَصْلَحَةٌ لِلْوَقْفِ (نهاية الزين، ص 273)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alih fungsi masjid"

Posting Komentar