JIWA PATRIOT PEMUDA INDONESIA


JIWA PATRIOT PEMUDA INDONESIA
Oleh: KH. M. Abdul Ghufron Al Bantani

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Salam Sejahtera
Rahayu

 Wahai bangsa Indonesia, mari kita bangkitkan rasa cinta kita terhadap Negara, tanamkan jiwa patriotisme kita dengan tekad dan semangat yang tinggi, agar kita memperoleh kejayaan dan kemakmuran demi rakyat dan Negara Indonesia. Oleh karena itu, kita harus bersatu sesuai dengan Merah Putih,  Putra putri Indonesia, Rakyat-rakyat, Umaro, Ulama, tokoh tokoh agama, lintas agama, suku-suku, budaya, mari kita junjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan, jangan sampai pecah belah, kita harus betul-betul menyelamatkan bangsa negara Indonesia, Bhinneka tunggal Ika, Merah Putih, Pancasila, dan NKRI.

 Selama 350 tahun Indonesia berada dalam cengkeraman penjajah dan selama itu pula bangsa Indonesia mengalami penderitaan. Bangsa yang terjajah tidak dapat menentukan nasibnya sendiri. Seluruh kehidupannya ditentukan oleh penjajah. Pengalaman pahit yang dialami oleh Bangsa Indonesia selama penjajahan tersebut telah mendorong bangsa Indonesia untuk bangkit berjuang, untuk merdeka.

 Dalam sejarah, telah tercatat bagaimana perjuangan bangsa Indonesia Mempertahankan kemerdekaannya. Hal ini dapat dilihat dari perjuangan seperti pertempuran melawan tentara Inggris dan Belanda di Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Berapa banyak para pejuang Indonesia yang gugur dalam pertempuran tersebut, tetapi bangsa Indonesia tidak menyerah kalah. Bahkan, para pejuang yang ada semakin terbakar semangatnya menghalau penjajah. 

 Secara terminologis, patriotisme berasal dari kata “patriot” dan “isme” yang berarti sifat kepahlawanan atau jiwa pahlawan, atau “heroism” dan “patriotism” dalam bahasa Inggris. Menurut Stanford Encycloedia of Philosophy, patriotisme bisa didefinisikan sebagai kecintaan terhadap bangsa dan negara, rasa kebanggaan sebagai warga negara, serta perhatian khusus terhadap sisi positif dari negara dan rakyatnya. Patriotisme adalah sikap yang berani, pantang menyerah dan rela berkorban demi bangsa dan negara. Pengorbanan ini dapat berupa pengorbanan harta benda maupun jiwa raga.

 Pengertian Patriotisme adalah sikap untuk selalu mencintai atau membela tanah air, seorang pejuang sejati, pejuang bangsa yang mempunyai semangat, sikap dan perilaku cinta tanah air, dimana ia sudi mengorbankan segala-galanya bahkan jiwa sekalipun demi kemajuan, kejayaan dan kemakmuran tanah air. Ada beberapa ciri yang menunjukkan seseorang memiliki jiwa patriotisme, diantaranya :
  1. cinta tanah air
  2. menempatkan persatuan dan kesatuan bangsa dan dan Negara diatas kepentingan kelompok dan individu
  3. tidak kenal menyerah dan putus asa
  4. rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
  5. berjiwa pembaharu
 Patriotisme atau Kepahlawanan adalah watak untuk berkorban guna sesuatu tugas Besar dan Cita2 Besar sebagai perluasan dari “Pahlawan adalah ia yang berkorban untuk Tugas besar dan Cita2 besar”. Kepahlawanan bukan monopolinya seseorang atau segolongan tetapi Kepahlawanan adalah suatu perhiasan watak, yang setiap rakyat kita dapat memiliki, asal ia bersedia berkorban untuk sesuatu tugas besar) atau untuk sesuatu Cita-cita besar. Tugas besar dan Cita-cita besar itu ialah tidak lain daripada hidup merdeka, bernegara kebangsaan, sederajat dengan bangsa-bangsa lain dalam keadaan mana Rakyat semua memperkembangkan dan dapat menyuburkan nilai-nilai kemanusiaannya. Dan bila yang dimaksud dengan semangat Kepahlawanan itu adalah cara berdaya dan berusaha untuk menjalankan Tugas besar dan Cita-cita besar itu, maka teranglah kiranya, bahwa cara amal dan cara perbuatan itulah yang penting sekali.

 Amal dan perbuatan, dijiwai dengan semangat bersedia untuk berkorban, menentukan nilai dan mutu Kepahlawanan setiap orang. Dan tidak sedikit pula yang diharapkan dari kita semua amal dan perbuatan yang sesuai dengan keadaan yang nyata daripada Rakyat kita dewasa ini. Untuk inipun diperlukan dari kita sekalian keberanian dan kejujuran dalam menilai keadaan dan perasaan Rakyat kita yang sebenar-benarnya. Untuk Negara Pancasila, para pahlawan Rakyat kita dulu itu berjoang dan berkorban ! Dan mereka meninggalkan kepada kita dewasa ini, suatu Amanat suci dan Amanat keramat yakni Amanat Kepahlawanan Rakyat Indonesia, amanat tentang caranya melaksanakan Amanat Penderitaan Rakyat kita. Pada pokoknya, cara-cara perjuangan dan kebaktiannya itu ialah secara revolusioner, secara dinamis, secara heroik dan patriotik, dan terutama secara jujur dan ikhlas, dengan selalu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 Patriotisme pemuda Indonesia telah memiliki peranan penting dalam mengubah perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Mulai dari Sumpah Pemuda tahun 1928 hingga era reformasi 1998. Semuanya tak lepas dari peran pemuda pada saat itu. Semangat patriotisme generasi muda ini masih sangat diperlukan untuk eksistensi bangsa ini.

 Banyak cara yang dapat menunjukkan bahwa pemuda mempunyai jiwa patriotisme, diantaranya dengan mengisi kegiatan sehari-harinya dengan hal-hal yang positif dan berguna bagi dirinya sendiri, masyarakat dan bangsa. Seperti lewat kegiatan olahraga, seni, diskusi, pendidikan dan lain sebagainya. Namun saat ini banyak pemuda yang sudah berkurang sikap patritismenya. Generasi muda yang anti patriotisme adalah mereka-mereka yang melakukan hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai kebangsaan, norma sosial dan agama serta yang dapat merugikan dirinya sendiri. Seperti mengkonsumsi narkotika dan obat-obatan terlarang, gemar minum minuman keras, pergaulan bebas dan sejenisnya adalah bentuk dari sikap anti patriotisme.

 Para pemuda meruapakan tonggak dari sebuah negara. Jika pemudanya sudah tidak mempunyai jiwa patriotisme, maka kita hanya akan tinggal menunggu saja kehancuran negara tersebut. Para pemuda harus terus belajar meningkatkan kualitas dirinya, sehingga kelak dapat menjadi pemimpin yang baik. Karena Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk jiwa patriotisme para generasi muda. Salah satu bentuk patriotisme pemuda pada jaman dahulu ditunjukkan denagan adanya peristiwa Sumpah Pemuda. gerakan Sumpah Pemuda yang bertujuan untuk mempersatukan bangsa Indonesia.

اِنَّ الَّذِي فَرَضَ عَلَيْكَ الْقُرْآنَ لَرَادُّكَ إِلَىٰ مَعَادٍ ۚ قُلْ رَبِّي أَعْلَمُ مَنْ جَاءَ بِالْهُدَىٰ وَمَنْ هُوَ فِي ضَلَالٍ مُبِينٍ

Artinya:”Sesungguhnya yang mewajibkan atasmu (melaksanakan hukum-hukum) Al Quran, benar-benar akan mengembalikan kamu ke tempat kembali. Katakanlah: “Tuhanku mengetahui orang yang membawa petunjuk dan orang yang dalam kesesatan yang nyata.” (Qs. al-Qashash 85)

 Ayat ini turun saat Nabi SAW. dalam perjalanan malam menuju ke Madinah. Sesampainya di Juhfah, Nabi SAW. merasa sangat rindu kepada Mekkah. Maka Jibril turun dan menyampaikan ayat ini. Kerinduan Nabi SAW. ini mungkin terjadi karena cintanya yang teramat dalam kepada tanah-airnya. Cinta yang teramat dalam inilah yang disebut sebagai nasionalisme dan patriotisme terhadap bangsa dan negara.

 Pondok pesantren UNIQ  terus menerus menulis terus menerus untuk menyatukan bangsa negara Indonesia, selalu mengingati dari Pondok Pesantren UNIQ untuk mengingati bahwa persatuan dan kesatuan itulah Indonesia, marilah kita bersam-asama kembali persatuan dan kesatuan itulah Indonesia, jangan sampai dilupakan sejarah sejarah Indonesia dan kita harus mengingati bahwa kita akan kembali lagi kepada Tuhan Yang Maha esa,  kita harus mengingati saling tolong menolong, saling persatuan dan kesatuan itulah Indonesia.

 Pondok Pesantren UNIQ di mana pun yang ada di Indonesia, serta seluruh bangsa Indonesia, mari kita berdo'a bersama sesuai dengan agamanya masing masing, agar Indonesia tetap Jaya, tetap dijaga oleh Allah, demi keselamatan bangsa dan negara Indonesia. Mudah-mudahan Tuhan Yang Maha esa selalu melindungi dan selalu menjaga untuk keselamatan negara Indonesia, mudah-mudahan Indonesia tidak ada musibah di maupun, musibah apapun demi keselamatan kita doa bersama demi keselamatan dunia dan akherat Salam Indonesia yang tercinta ini dan salam dari Pondok Pesantren UNIQ Indonesia.


Salam Jiwa Ulama Nusantara
Salam Jiwa NKRI
Salam Jiwa Merah Putih
Salam Jiwa Pancasila
Salam Jiwa Bhinneka Tunggal Ika
Salam Jiwa Rakyat Indonesia
Salam Jiwa Lintas Agama
Salam Jiwa Angkatan Darat (AD)
Salam Jiwa Angkatan Laut (AL)
Salam Jiwa Angkatan Udara (AU)
Salam Jiwa Polisi
Salam Jiwa Rindu Ghufron

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh;
Salam Sejahtera
Rahayu

Malang, Sabtu, 13 Januari 2018
Waktu : 20.50 WIB

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JIWA PATRIOT PEMUDA INDONESIA"

Posting Komentar