JANGAN LUPAKAN SEJARAH



 JANGAN LUPAKAN SEJARAH
Oleh: KH. M. Abdul Ghufron Al Bantani


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Salam Sejahtera
Rahayu


 Indonesia! kemerdekaan kita harus sungguh sungguh mengingati sejarah sejarah para pahlawan, kita jangan sampai dilupakan, detik demi detik,  hari demi hari bulan demi bulan tahun demi tahun kita selalu mengingati dan menjadi sejarah bukti nyata Indonesia, kita harus persatuan dan kesatuan sesuai dengan Bhinneka tunggal Ika, kita harus benar benar persatuan dan kesatuan ulama, umaro, tokoh tokoh agama, lintas agama dan suku suku dan budaya harus persatuan dan kesatuan.

 Kita mengingati sejarah, mudah-mudahan kita harus bersatu kebersamaan keyakinan kepada Allah Subhana wa ta’ala, angkatan darat udara laut polisi pun sama, marilah kita saling menjaga saling menghormati dan saling menertibkan bangsa negara Indonesia dan kita sama sama tanggung jawab untuk negeri kita yaitu negeri Indonesia, ingat merah putih Pancasila NKRI harga mati. 
 Pondok pesantren UNIQ yang ada di Indonesia siang dan malam terus menulis menyebarkan ini, sejarah Indonesia dan fakta fakta Indonesia sangat luar biasa, Kita sebagai rakyat biasa kita harus mengingati, pondok pesantren UNIQ selalu mengingati selalu mengajak dan selalu menyatukan dan disatukan itulah persatuan dan kesatuan Indonesia, betul betul harus mengingati dan diingati jangan sampai disia-sia, jangan sampai negaranya sendiri di ancurin,  tapi kita harus betul betul disatukan sesuai dengan merah putih Pancasila, NKRI, rakyat rakyat Indonesia harus mengingati jangan sampai dilalaikan jangan sampai dilupakan sejarah sejarah Indonesia, Berkibarlah merah putih Bersatulah sesuai dengan Pancasila dan NKRI, itulah Bhinneka tunggal Ika.
 Mudah-mudahan Tuhan Yang Maha esa selalu melindungi dan selalu menyelamatkan, kita sebagai rakyat biasa, pondok pesantren UNIQ tiap hari menulis selalu saling mengingati dan selalu menjaga bersama menjaga bersama mudah-mudahan Indonesia tetap Jaya dan tetap diselamatkan oleh Tuhan Yang Maha esa mari kita doa bersama mudah-mudahan Tuhan Yang Maha esa melindungi dan menjaga nya demi Pancasila NKRI merah putih.
 Sudah menjadi kewajiban kita untuk mempertahankan kemerdekaan yang sudah kita raih dengan susah payah dan membutuhkan pengorbanan yang tak terhitung banyaknya--dengan taruhan jiwa dan raga kita. Dan juga sudah menjadi tugas kita, sebagai generasi penerus perjuangan bangsa, untuk mengisi kemerdekaan ini dengan pembangunan di segala bidang menuju terwujudnya masyarakat adil dan makmur, merdeka lahir-bathin, berjaya dan berakhlak mulia.

 Marilah kita bersatu dan bahu membahu membangun Indonesia sesuai dengan posisi dan kemampuan kita masing-masing agar bangsa ini bisa bangkit menjadi bangsa yang merdeka lahir-bathinnya, sejahtera ekonominya, dan tumbuh menjadi bangsa yang dahsyat, yang disegani bangsa-bangsa di dunia. Merdeka...!!! Sekali merdeka tetap merdeka! Salam merdeka! dan ingatlah sejarah!
 Sejarah adalah sebuat kejadian  atau peristiwa dimasa lampau yang pernah terjadi. Sejarah juga sering dikatakan bahwa cerminan masa lampau yang mewakili kejadian tertentu. Siapa pun pasti memiliki sejarahnya masing-masing, indah atau rusaknya sejarah kamu disemua telah kamu lewati walau kelam sesaat atau pun selama hayatmu. Kenapa sejarah sering dikatakan sebagai cerminan masa depan? disini penulis ingin mengulas sedikit banyaknya hal tersebut. Ada pun sejarah bisa juga dikatakan sebagai tonggak ukur masa depan, karena berawal dari yang kita lakukan sekarang akan berpengaruh dimasa yang akan datang.
 Kenapa semua orang harus belajar sejarah? pasti nya kita harus mempelajarinya karena dengan sejarah lah kita bisa berbuat lebih baik kedepannya. Dimana kesalahan yang penah kita lakukan dimasa lalu dan dimasa depan(akan datang) kita bisa memperbaikinya. Pernah kah anda membaca Al-Qur'an, saya rasa rata-rata pernah membacanya bagi yang beragama Islam walau yang anda baca tidak tahu maknanya, atau yang bukan umat muslim rata-rata pernah membaca kitab suci agamanya masing-masing. 
 Dalam kitab suci yang anda baca pasti banyak bercerita tentang kejadian-kejadian dimasa lalu yang menceritakan tempat, otokoh dan lainnya dimasa lalu sebelum kitab suci itu diturunkan. Namun, banyak hal yang anda lewati tanpa memikirkan untuk apa bercerita tentang hal itu. Menurut pendapat saya, cerita di dalam itu mengandung 2 makna yang sangat mencolok, yang pertama pasti tentang sebuah kejadian yang mengingatkan kita tentang keburukan yang harus kita tinggalkan, dan yang kedua tentang hal-hal yang baik yang bisa  kita ambil manfaatnya untuk kita lakukan dimasa sekarang ini. Secara tidak langsung kita dapat menyimpulkan bahwa sejarah ada kebaikan atau kesalahan dimasa lalu yang bisa kita ambil makna yang baik untuk kita dimasa sekarang dan juga masa depan. Jika hal baik kerjakan dan ajarkan, bila yang buruk tinggal kan dan jangan lupa membagi informasi kepada orang lain untuk meninggalkannya. Itu lah sejarah yang mempunyai makna kecil. 

لَقَدْ كَانَ فِي قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِأُولِي الْأَلْبَابِ ۗ مَا كَانَ حَدِيثًا يُفْتَرَىٰ وَلَٰكِنْ تَصْدِيقَ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيلَ كُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Sesungguhnya pada kisab-kisab mereka itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al-Qur’an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi 
kaum yang beriman.”


Salam Jiwa Ulama Nusantara
Salam Jiwa NKRI
Salam Jiwa Merah Putih
Salam Jiwa Pancasila
Salam Jiwa Bhinneka Tunggal Ika
Salam Jiwa Rakyat Indonesia
Salam Jiwa Lintas Agama
Salam Jiwa Angkatan Darat (AD)
Salam Jiwa Angkatan Laut (AL)
Salam Jiwa Angkatan Udara (AU)
Salam Jiwa Polisi
Salam Jiwa Rindu Ghufron

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh;
Salam Sejahtera
Rahayu

Malang, Minggu, 14  Desember 2018.

Waktu : 20.50 WIB


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JANGAN LUPAKAN SEJARAH"

Posting Komentar