Wahai Pencaci Banser, Apa Sumbangsihmu untuk Negeri ini?

MusliModerat.net - Awal september yang lalu saat saya transit di bandara changi sepulang dari Beijing saya kebetulan mengenakan jaket Banser, diruang tunggu Singapore Airline saya sengaja duduk dipojokan yang sepi, beberapa saat kemudian diseberang tempat duduk saya ada seorang yang agak sepuh mengamati saya terus, saya sebenarnya rada cuek, tapi bapak tadi terus mengamati saya.

Akhirnya menjelang boarding bapak tersebut, mendekat ke saya, sambil basa basi, bapak tersebut nanya, mas dari banser ranting mana? Belum sempet saya jawab, bapak nanya lagi, Banser lagi ada acara apa di Singapura? Saya jawab saya hanya transit di singapura.

Kemudian kami berbincang soal situasi Indoneasia yang menurut dia sudah tidak seperti dulu, sekarang ini rasa saling curiga antar elemen bangsa terjadi dimana-mana. Diakhir pembicaraan sebelum naik pesawat, bapak tadi mengucapkan terima kasih kepada banser dan NU yang selalu terdepan dalam menjaga Pancasila dan NKRI.

Sekelumit cerita diatas setidaknya menggambarkan bagaimana posisi dan peranan Banser dalam ke-Indonesia-an kita hari ini. Banser sebagaimana NU selalu tegak lurus menempatkan Indonesia sebagai pilar utama perjuangannya sepanjang waktu.

Riyanto, pahlawan Banser yang meninggal akibat menyelamatkan pemboman gereja di Mojokerto adalah satu dari sekian banyak pengorbanan yang telah diberikan Banser kepada republik ini.

Jejak-jejak sejarah gemilang Banser dalam menjaga Indonesia tidak akan mudah dikikis oleh sekelompok orang yang membajak islam untuk kepentingan politik mereka sendiri. Sekelompok orang yang menunggangi islam untuk merubah pilar-pilar utama kebangsaan dan kenegaraan kita.

Banser tidaklah manusia sempurna, saya tau sebagian besar dari mereka bukan berasal kelas menengah yang kelebihan harta, mereka juga masih berjuang memenuhi kebutuhan dasar mereka, menghidupi anak dan istri dengan sekuat tenaga. Namun ketika negara memanggil, mereka akan siap setiap waktu.

Jika kemudian hari ini ada yang memojokkan Banser, kita perlu bertanya apa sumbangsihmu yang sudah kau berikan kepada republik ini? Atau memang kau memang ingin merusak negeri ini dan menjadikan Banser dan NU sebagai sasaran antara saja?

Buat sahabat-sahabat Banser yang saya cintai, tetaplah tersenyum, tetaplah rendah hati, tetaplah menjadi Indonesia seutuhnya. Banser tidak akan pernah ingkar janji, apalagi kepada ibu pertiwi.

Dishare dari Hasanuddin Ali

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wahai Pencaci Banser, Apa Sumbangsihmu untuk Negeri ini?"

Posting Komentar