ULAMA PECINTA UMAT


ULAMA ADALAH PECINTA UMAT
Oleh: K. H. M. Abdul Ghufron Al-Banteni

بِسْمِ اللّٟهِ الرَّحْمٟنِ الرَّحِيْمِ

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh;
Salam sejahtera,
Rahayu,

Sebagai umat Islam yang ada di Indonesia, kita harus benar-benar cinta kepada umat dan cinta kepada ulama, bahwa ulama benar-benar berjuang jiwa raga untuk menyatukan bangsa dan negara Indonesia. Kita harus benar-benar, bahwa dengan peran ulamalah yang bisa menyatukan masyarakat, dan masyarakat pun juga harus bisa saling tolong menolong, saling menghargai. Sesama manusia yang ada di dunia ini, apalagi Indonesia dari Sabang sampai Merauke harus benar-benar bisa menyatukan, karena disitulah ada lintas agama, ulama, tokoh-tokoh agama, kebudayaan, dan suku-suku, semua harus benar-benar sesuai dengan Bhinneka Tunggal Ika itulah Pancasila. Lihatlah perjalanan para alim ulama, meraka bisa menyatukan seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, karena ulama tidak minta bayaran maupun minta upah, ulama benar-benar bertauhid, mempunyai keyakinan kuat kepada Tuhan Yang Maha Esa dan benar-benar cinta kepada rakyat nya. Kita harus menjaga persatuan dan kesatuan dengan para ulama, keyakinan dan keinginan kita harus benar-benar disatukan sesuai dengan Pancasila.
Rosulullooh sallallahu alaihi wasallam
ما  قال  ان  رحمة   وحاف وما  قال  ان  رحمة  الله  سبحان  الله  علماء  علماء  وماشيذ  ان  رحمة  امتي  لاش ياما  رحمة  اسلام وما قال ان  رحمة  نوسانتارا ان كلمات توحيد  و ما   قال  رحمة  وحاش  سبحان الله  ربنا  قال  ان رحمة  للعالمين  بسم الله  الرحمن  الرحيم  ماقال الله  سبحان الله  يا رسول  الله  صلى  الله  عليه  وسلم  ﴿كلام  الشيج محمد عبد  الغفران﴾


Indonesia dari Sabang sampai Merauke, rakyat-rakyat Indonesia, kuatkan dan teguhkan keyakinan kita kepada agama masing-masing,  jangan sampai kita saling benci, iri hati, dan dengki, tapi kita harus bisa bersama-sama bersatu menjaga persatuan dan kesatuan, itulah Indonesia. Kita sebagai manusia biasa, benar-benar harus bisa menyatukan keinginan sesuai dengan Pancasila dan Merah Putih. Ulama harus tolong menolong, menguatkan keyakinan sesuai dengan Al-Quran dan Hadis, jangan sampai digunakan sebagai mainan, atau dipakai tontonan, mencaci maki orang, lebih-lebih untuk menghancurkan negaranya sendiri, ulama-ulama harus bisa menyatukan, merangkul seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke.
Mengapa para Ulama lebih mencintai Umat daripada dirinya sendiri, karena Para Ulama mempunyai keimanan yang sangat kuat kepada Allah SWT sehingga Allah SWT menanamkan rasa cinta kasih sayang kepada seluruh makhluk.
إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ سَيَجْعَلُ لَهُمُ الرَّحْمَٰنُ وُدًّا
Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allah Yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam (hati) mereka rasa kasih sayang.(Qs. Maryam: 96)
Cinta merupakan amalan hati yang bisa menjadi sebuah ibadah atau justru kemaksiatan. Oleh karena itu, para ulama membagi cinta menjadi beberapa macam :
1. Ibadah yaitu cinta yang merupakan bagian dari sebuah ibadah yang agung yang tidak boleh dipalingkan kepada selain Allah SWT. Hal ini adalah mencintai Allah SWT dan mencintai semua yang dicintai-Nya. Dalilnya adalah : Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintainya kepada Allah. (QS. Al-Baqarah [2] : 165)
2. Syirik yaitu cinta kepada selain Allah SWT yang disertai ketundukan dan pengagungan terhadap yang dicintainya yang hal tersebut tidak layak diberikan kecuali hanya kepada Allah SWT semata. Dalilnya adalah firman Allah SWT : “Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah ; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. (QS. Al-Baqarah [2] : 165).
3. Kemaksiatan yakni seperti kecintaan kepada kemaksiatan-kemaksiatan, cinta kepada bidah dan pelakunya serta cinta kepada perkara-perkara yang diharamkan oleh Allah SWT sebagaimana firman Allah SWT : “Sesungguhnya orang-orang yang ingin agar (berita) perbuatan yang amat keji itu tersiar di kalangan orang-orang yang beriman, bagi mereka azab yang pedih di dunia dan di akhirat. Dan Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (QS. An-Nur [24] : 19).
4. Cinta Tabiat, seperti kecintaan kepada kedua orang tua, kepada anak-anaknya, keluarganya dll. Yang hal ini merupakan tabiat setiap manusia. Maka hal ini dibolehkan oleh Allah SWT. Allah berfirman : “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu : wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak, dan sawah lading. Itulah kesenangan hidup di dunia , dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (Surga). QS. Ali Imran [3] : 14).

Dari besarnya cinta kepada Allah SWT maka secara otomatis akan mencintai semua ciptaannya, karena menjadi pengaplikasian makom mahabbahnya. Jadilah manusia yang hidup dalam ber'aqidah, beribadah, berhukum, berakhlak, dan berkasih sayang dan yang lainnya) yang wajib diikuti oleh setiap muslim. Dan selalu menjaga keselamatan 'aqidah dan manhaj menurut apa yang dilaksanakan Rasulullah dan para sahabat sebelum terjadinya perselisihan dan perpecahan.
Rosulullah SAW Bersabda:
 العلماء أمناء الرسل على عباد الله ما لم يخالطوا السلطان، ويدخلوا في الدنيا، فإذا خالطوا ودخلوا في الدنيا فقد خانوا الرسل، فاعتزلوهم واحذروهم
Artinya: ulama dari Pengawas dari rasul pada para hamba dari Allah kecuali Akhataiwa Sultan, dan masuk ke dalam dunia, jika mereka masuk ke dalam dan melakukan kontak dengan dunia ,mereka mengkhianati para rasul.

Pondok Pesantren UNIQ benar-benar untuk menyatukan Lillahita'ala, membantu, mengayomi pemerintah maupun angkatan darat udara laut polisi maupun ulama toko toko agama suku suku dan budaya putra putri Indonesia dari Sabang sampai Merauke rakyat Bun sama mari kita doa bersama sesuai dengan agamanya masing masing kita jangan dipakai mainan kita harus bau mendoakan agar Indonesia tetap Jaya dan bersatu sesuai dengan Pancasila.
ماقال  ان رحمة  وماشي  ما  دنيا  والأخرة  وما قال  في  ما  الله  سبحان  الله  ربنا  قال  رحمة  للعالمين ﴿كلام  الشيج محمد عبد  الغفران﴾

mudah-mudahan pondok pesantren unik mengajak menyatukan dari Sabang sampai merauke, mudah-mudahan menjadi Barokah selamat dunia akhirat, kita sebagai umat juga harus bisa mengayomi bisa mengayomi dan menyatukan, saya yakin Indonesia bisa bersatu kembali sesuai dengan Pancasila merah putih NKRI









1. Syekh ahmad khotib sambas (penyatu thoriqoh qodiriyah wannaqsyabandiah) berasal pontianak kalbar
2. Syekh Nawawi albantani sayyidul ulama hijaz berasal tanara banten
3. Syekh abdul karim banten berasal dari tanara banten
4. Syekh ahmad asnawi berasal labuan banten
5. Syekh m hasan armin (abuya mama armin) berasal cibuntu pandeglang banten
6. Syekh kholil bangkalan berasal dari madura
7. Syekh Hasyim asy'ari berasal dari jombang
  Dan masih banyak ulama ulama lainnya yang jelas ulama kita lebih hebat dan patut kita banggakan


Salam Jiwa Ulama Nusantara
Salam Jiwa Umaro
Salam Jiwa Rakyat-rakyat
Salam Jiwa Suku-suku
Salam Jiwa Budaya
Salam Jiwa Tokoh-tokoh agama
Salam Jiwa Bhinneka Tunggal Ika
Salam Jiwa Indonesia
Salam Jiwa NKRI
Salam Jiwa Pancasila
Salam Jiwa Merah Putih
Salam Jiwa Angkatan Darat
Salam Jiwa Angkatan Udara
Salam Jiwa Angkatan Laut
Salam Jiwa Polisi
Salam Jiwa Lintas Agama
Salam Jiwa Rindu Ghufron

Malang, Rabu, 27 Juni 2017
Pukul, 19.35 WIB

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ULAMA PECINTA UMAT"

Posting Komentar