ULAMA ADALAH PENYATU UMAT

ULAMA ADALAH PENYATU
 UMAT
Oleh: K. H. M. Abdul Ghufron Al-Banteni

بِسْمِ اللّٟهِ الرَّحْمٟنِ الرَّحِيْمِ

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh;
Salam sejahtera,
Rahayu,

Ulama Nusantara,  kita sebagai ulama benar-benar harus bisa menyatukan umat yang ada di dunia,  kita  sebagai manusia yang ada di dunia harus betul-betul menyelamatkan umat yang ada di Indonesia disebut Bhinneka tunggal Ika. Semua para alim ulama, tokoh-tokoh agama, lintas agama, suku-suku maupun kebudayaan,  ulama harus benar-benar bisa mengayomi, bisa menyatukan dan betul-betul cinta kepada umat dari Sabang sampai Merauke dan menjaga persatuan dan kesatuan,  itulah ulama yang sebenarnya. jangan sekali-kali ulama ingin enak- enakan,  tapi seorang  ulama harus betul-betul bisa menyelamatkan dan bisa menyatukan bangsa negara Indonesia, karena Ulama adalah tauladan umat.

 Ulama adalah manusia yang mengedepankan  keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai ulama harus benar-benar menjalankan tuntunan Rosulullah SAW.,  kita sebagai umat Islam, maupun agama manapun  harus  menjaga kebersamaan sesuai dengan lambang Pancasila, Persatuan dan kesatuan itulah Indonesia. Ulama jangan menjadi provokator  atau menghancurkan umat, tapi  ulama harus benar-benar menyatukan demi rakyat Indonesia persatuan dan kesatuan itulah Indonesia. kita sebagai bangsa negara Indonesia dari Sabang sampai Merauke harus bisa merangkul lintas agama, tokoh ulama, suku-suku, dan kebudayaan.

Rakyat Indonesia, Putra Putri Indonesia benar-benar  harus cinta kepada tanah air, cinta kepada agama, karena di Pancasila sudah ada satu Ketuhanan Yang Maha Esa. Harus kita pertahankan keyakinan kepada Tuhan yang Maha Esa. ulama dan tokoh agama  harus bisa menyatukan,  meyakinkan Umat agar selamat dunia dan akherat. ulama adalah ahli ilmu dan Tasawuf yang mempunyai ketauhidan keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa. kita sebagai manusia biasa harus betul-betul berjuang untuk  bangsa, negara Indonesia dan agama, saya yakin bahwa bangsa Indonesia bisa bersatu, karena jasa ulama, umaro, tokoh-tokoh agama dan bersatunya kebudayaan maupun, suku suku,  Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut, Polisi dan satu keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Sosok Ulama yang mengedepankan ketauhidan dan Ukhuwah adalah tauladan Ulama Salafussholeh, siapaka Ulama Salafussholeh itu?  Salaf Yaitu, apa yang telah berlalu dan mendahului,  atau bisa juga berarti terdahulu (nenek moyang), yang lebih tua dan lebih utama. Salaf berarti para pendahulu. Jika dikatakan (سَلَفُ الرَّجُلِ) salaf seseorang, maksudnya kedua orang tua yang telah mendahuluinya.  seperti ungkapan: “Salafa asy-syai-u”, “Salafan” artinnya “madha” (telah berlalu). Dan “Salaf” artinya sekelompok pendahulu atau suatu kaum yang mendahului dalam perjalanan.
Allah Ta’ala berfirman,
فَلَمَّآ ءَاسَفُونَا ٱنتَقَمۡنَا مِنۡهُمۡ فَأَغۡرَقۡنَـٰهُمۡ أَجۡمَعِينَ
 “Maka tatkala mereka membuat Kami murka, kami menghukum mereka lalu Kami tenggelamkan mereka semuanya (di laut),
 فَجَعَلۡنَـٰهُمۡ سَلَفً۬ا وَمَثَلاً۬ لِّلۡأَخِرِينَ
Dan Kami jadikan mereka sebagai contoh dan pelajaran bagi orang-orang yang kemudian.”(Az-Zukhruuf: 55-56).
Maksudnya adalah Kami (Allah) menjadikan orang-orang terdahulu itu sebagai contoh bagi orang yang hendak berbuat seperti perbuatan mereka, agar generasi setelah mereka mengambil pelajaran dan teladan darinya.
Jadi makna Salaf adalah orang yang telah mendahului anda baik itu nenek moyang maupun kerabat keluarga anda, dimana mereka di atas anda baik dari segi umur ataupun kebaikannya. Oleh karena itu, generasi pertama dari kalangan Tabi’in dinamakan “as-Salafush Shalih. (Lihat kamus bahasa Arab: Taajul ‘Aruus, Lisaanul ‘Arab dan al-Qaamuusul Muhuth: (bab:Salafa).
Menurut bahasa (etimologi) salaf artinya yang terdahulu (nenek moyang), yang lebih tua dan lebih utama. Salaf berarti para pendahulu. Menurut istilah (terminologi), salaf berarti generasi pertama dan terbaik dari ummat (Islam) ini, yang terdiri dari:


1. Para sahabat.
2. Tabi'in.
3. Tabi'ut tabi'in dan para imam pembawa petunjuk pada tiga kurun generasi/masa) pertama yang dimuliakan Allah, sebagaimana sabda Rasulullah

خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِيْ ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ
"Sebaik-baik manusia adalah pada masaku ini (yaitu masa para sahabat), kemudian yang sesudahnya (masa tabi'in) kemudian yang sesudahnya (Tabi'ut tabi'in)."
Rosulullah SAW Bersabda:
العلماء ورثة الأنبياء إن الأنبياء لم يورثوا دينارا ولا درهما ولكن ورثوا العلم فمن أخذه أخذ بحظ وافر )) رواه
أبو داود والترمذي وصححه الألباني .
 Artinya” Ulama adalah pewaris nabi, sesungguhnya para Nabi tidak mewariskan harta dinar dan dirham, akan tetapi mereka hanya mewariskan Ilmu, barang siapa yang mengambilnya maka akan mendapatkan keberuntungan yang melimpah,(HR, Abu Dawud, Attirmidzi)
Jadi ulama yang sebnarnya tidak akan cinta dunia, karena mereka menjadi pewaris Nabi.
Ulama harus menjadi contoh, dan harus bisa mengayomi umat atau masyarakat dengan seadil-adilnya. Ingatlah, Pondok Pesantren UNIQ siap menjadi pelayan umat untuk menyelamatkan rakyat yang ada di Indonesia maupun dunia, semua yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke mari kita persatuan dan kesatuan itulah Indonesia. Jangan lupa Pancasila, Merah Putih dan NKRI. Kita benar-benar harus bisa meyakini Tuhan Yang Maha Esa, kita kembalikan kepada Tuhan Yang Maha Esa, bahwa di Indonesia bisa persatuan dan kesatuan itulah bangsa Indonesia, benar-benar ahli Al-Quran, ahli kitab baik tersirat, tersurat maupun Sir dan sejarah-sejarah yang ada di Indonesia, sejarah-sejarah yang penting, kita harus betul-betul diterangkan kepada rakyat Indonesia maupun kepada seluruh bangsa negara Indonesia. di Indonesia ini penuh dengan nikmat dan barokah selamat dunia dan akhirat;

رسول الله صلى الله عليه وسلم : ما  قال  ان  رحمة   وحاف وما  قال  ان  رحمة  الله  سبحان  الله  علماء  علماء  وماشيذ  ان  رحمة  امتي  لاش ياما  رحمة  اسلام وما قال ان  رحمة  نوسانتارا ان كلمات توحيد  و ما   قال  رحمة  وحاش  سبحان الله  ربنا  قال  ان رحمة  للعالمين  بسم الله  الرحمن  الرحيم  ماقال الله  سبحان الله  يا رسول  الله  صلى  الله  عليه  وسلم  ﴿كلام  الشيج محمد عبد  الغفران﴾

Kita dari pondok pesantren unik benar benar untuk menyatukan dari Sabang sampai Merauke persatuan dan kesatuan itulah Indonesia mudah-mudahan pondok pesantren unik bisa menjadi contoh di dunia maupun diakhirat mudah-mudahan kita menyelamatkan suruh masarakat yang ada dibenar benar bisa menyatukan bangsa negara Indonesia mudah-mudahan Tuhan Yang Maha esa selalu melindungi dan menyelamatkan dunia ahirat.









1. Syekh ahmad khotib sambas (penyatu thoriqoh qodiriyah wannaqsyabandiah) berasal pontianak kalbar
2. Syekh Nawawi albantani sayyidul ulama hijaz berasal tanara banten
3. Syekh abdul karim banten berasal dari tanara banten
4. Syekh ahmad asnawi berasal labuan banten
5. Syekh m hasan armin (abuya mama armin) berasal cibuntu pandeglang banten
6. Syekh kholil bangkalan berasal dari madura
7. Syekh Hasyim asy'ari berasal dari jombang
  Dan masih banyak ulama ulama lainnya yang jelas ulama kita lebih hebat dan patut kita banggakan

Salam Jiwa Ulama Nusantara
Salam Jiwa Umaro
Salam Jiwa Rakyat-rakyat
Salam Jiwa Suku-suku
Salam Jiwa Budaya
Salam Jiwa Tokoh-tokoh agama
Salam Jiwa Bhinneka Tunggal Ika
Salam Jiwa Indonesia
Salam Jiwa NKRI
Salam Jiwa Pancasila
Salam Jiwa Merah Putih
Salam Jiwa Angkatan Darat
Salam Jiwa Angkatan Udara
Salam Jiwa Angkatan Laut
Salam Jiwa Polisi
Salam Jiwa Lintas Agama
Salam Jiwa Rindu Ghufron



Malang, Minggu, 26 Juni 2017
Pukul, 19.31 WIB


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ULAMA ADALAH PENYATU UMAT"

Posting Komentar