SALAM JIWA PANCASILA


 



SALAM JIWA PANCASILA
Oleh: K. H. Muhammad Abdul Ghufron Al-Bantani

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh,
Salam Sejahtera,
Rahayu,

Salam jiwa Pancasila, artinya kita harus mendalami dan menjiwai tentang makna Pancasila, kita rakyat-rakyat Indonesia benar-benar harus bersatu dalam satu  tujuan  sesuai dengan Pancasila. Saling menghormati dan menjiwai rasa jiwa dan raga kita untuk Pancasila. Kita sebagai putra dan putri Indonesia dari Sabang sampai Merauke harus bersungguh-sungguh untuk bersatu, bahwa Pancasila penuh dengan hikmah. Dalam hal kebijaksanaan rakyat-rakyat Indonesia harus bersama-sama kita satukan kembali sesuai dengan Pancasila. Bersama para Alim Ulama, Umaro, tokoh-tokoh agama, suku-suku, rakyat-rakyat dan, kebudayaan mari kita bersama-sama menjaga luar dan dalamnya Pancasila. Mari kita sebagai rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke harus mendukung Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut, Polisi, Salam Jiwa untuk Pancasila. Kita harus menjiwai semua yang ada di tanah air, harus bersungguh-sungguh menjiwai bahwa Indonesia ini benar-benar bersatu sesuai dengan Bhinneka Tunggal Ika. Kita buktikan bahwa Bangsa Indonesia benar-benar berani sesuai dengan Sangsaka Merah Putih. Kita semua tahu bahwa para pahlawan sudah membuktikan pati jiwa dan raga, mengorbankan harta apapun demi NKRI Harga Mati.
Putra dan putri Indonesia mari kita tegakkan dan kita Satukan demi Pancasila, biarpun itu lintas agama, biarpun itu rakyat, biarpun itu Umaro, Ulama, maupun tokoh-tokoh agama, suku-suku dan, kebudayaan harus kita jaga, kita dukung dan, kita selamatkan bersama-sama. Tuhan Yang Maha Esa lebih tahu bahwa Pancasila itu gagah berani, jangan sampai menyakiti Pancasila. Kita sebagai rakyat Indonesia harus mampu menyelamatkan Pancasila, dan harus kita buktikan kepada pemerintah, kepada seluruh Angkatan Darat, Laut, Udara, Polisi, lintas agama, Ulama, Umaro, tokoh-tokoh agama, suku-suku maupun kebudayaan, bahkan kepada seluruh dunia.
Putra putri Indonesia mari kita bangkit kembali untuk menyelamatkan negara kita, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ber Pancasila. Rakyat-rakyat Indonesia harus berani berkorban demi Pancasila dan Merah Putih. Biarpun itu berbeda agama, berbeda suku, berbeda budaya, Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut, Polisi, Ulama, Umaro, Lintas Agama, tokoh-tokoh masyarakat, kita harus tetap bersatu demi Pancasila yang ber Ketuhanan Yang Maha Esa. Kita harus mengingati Pancasila, menjiwai Pancasila, menghargai Pancasila, dan mengamalkan isi kandungan Pancasila, jangan sampai kita menyakiti ataupun mengkhianati Pancasila, bahkan merubah isi dari kandungan Pancasila itu sendiri. Kita harus bersama-sama menjaga Pancasila, dari TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi, Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut, Polisi, para Ulama, Umaro, tokoh-tokoh masyarakat, suku-suku, dan budaya manapun, mari kita bersama-sama menjaga Pancasila, Merah Putih, NKRI dan, Bhinneka Tunggal Ika. Jangan sampai Pancasila ini kita ubah, karena Pancasila adalah hasil jerih payah perjuangan seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Kita harus bersungguh-sungguh jangan sampai merusak tatanan Indonesia, karena Indonesia ini benar-benar Tumpah Darah seluruh Rakyat Indonesia. Mari kita dukung bersama, tegakkanlah Pancasila, kibarkan Merah Putih dalam sanubari. Semua kita kembalikan kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar kita bersungguh-sungguh dalam menyelamatkan Bangsa dan Negara Indonesia.
Pondok Pesantren UNIQ dari awal berdiri tahun 1999 benar-benar mengajak untuk mencintai, menjiwai dan, menjaga NKRI, Pancasila, Merah Putih dan, Bhinneka Tunggal Ika. Pondok Pesantren UNIQ setiap hari menulis artikel tentang kebangsaan bukan untuk mencari tampang ataupun mencari ketenaran, tapi Lillahita'ala karena berjuang demi Pancasila, demi Merah Putih, Bhinneka Tunggal Ika dan, NKRI. Kami hanya sekedar mengingatkan kepada saudara-saudaraku dari Sabang sampai Merauke di mana pun kalian berada mari kita bersama-sama menjaga Pancasila, Merah Putih, Bhinneka Tunggal Ika dan, NKRI. Jangan hanya di bibir, atau jangan hanya dipandang, harus betul-betul menjiwai dan mengamalkan isi kandungan Pancasila, karena Pancasila ini bersinar menyampaikan dan menyatukan seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Pondok Pesantren UNIQ benar-benar lahir batin dunia wal akherat berjuang demi menyelamatkan Bangsa dan Negara Indonesia. Sampai mengumpulkan lintas agama, suku-suku, kebudayaan, para tokoh-tokoh agama, para Alim ‘Ulama, Umaro Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut dan, Polisi.
Mari kita kembalikan kepada Tuhan Yang Maha Esa, bahwa Indonesia ini benar-benar harus bisa menjadi teladan dunia. Jangan sampai kita merubah-rubah, Pancasila ya Pancasila, Merah Putih ya Merah Putih, NKRI ya NKRI. Kita harus cinta kepada Tanah Air, cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, cinta kepada Bhinneka Tunggal Ika dan, cinta sedalam-dalamnya kepada Ulama, Umaro, Angkatan Darat, Udara, Laut dan, polisi. Mudah-mudahan seluruh rakyat Indonesia benar-benar mendukung dan menyelamatkan Pancasila. Kita pulang ke kampung halaman masing-masing membawa Bendera Merah Putih, membawa Pancasila, membawa Bhinneka Tunggal Ika dan, membawa NKRI. Karena kita hidup di Bumi Pancasila yang ber Bhinneka Tunggal Ika. Insya Allah, Tuhan Yang Maha Esa merestui dan menjaganya.
Pondok Pesantren UNIQ benar-benar niat lahir batin lillahita’ala ingin menyatukan dan menyelamatkan NKRI dari Sabang sampai Merauke. Bersama para Ulama, Umaro, tokoh-tokoh Agama, Lintas Agama dan, seluruh rakyat Indonesia, biarpun berbeda agama, berbeda suku, mari kita bersama-sama berdo’a sesuai agama dan keyakinan masing-masing, “mudah-mudahan Indonesia ini selalu damai dan dijaga oleh Tuhan Yang Maha Esa”. “Mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungi Indonesia, Pancasila, Merah Putih, Bhinneka Tunggal Ika dan, NKRI”. Ingat! Bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia ini bukanlah Negara Islam, tapi Indonesia merangkul semua agama, suku suku dan, budaya.
Bangsa ini harus memahami arti Salam Jiwa, mengapa Salam jiwa Pancasila? Salam jiwa mempunyai arti yang sangat luas, akan tetapi yang ditekankan dalam pembahasan ini adalah, keselamatan diri atau kesadaran diri di dalam berbangsa dan bernegara, kesadaran diri dalam beragama, kesadaran diri dalam berorganisasi, kesadaran diri dalam bersosial, dan kesadaran diri dalam berpolitik. Sehingga disebut Salam Jiwa Pancasila. Karean di jaman sekarang kita sebagai anak Bangsa sudah lalai bahkan hampir hilang kesadaran dalam ber Pancasila, yang pada akhirnya ideologi Bangsa luar masuk ke tanah air ini.
أَوَلَمْ يَرَوْا إِلَىٰ مَا خَلَقَ اللَّهُ مِنْ شَيْءٍ يَتَفَيَّأُ ظِلَالُهُ عَنِ الْيَمِينِ وَالشَّمَائِلِ سُجَّدًا لِلَّهِ وَهُمْ دَاخِرُونَ
Artinya: “Dan apakah mereka tidak memperhatikan segala sesuatu yang telah diciptakan Allah yang bayangannya berbolak-balik ke kanan dan ke kiri dalam keadaan sujud kepada Allah, sedang mereka berendah diri.” (Q.S. An-Nahl : 48)
Oleh karena ayat tersebut membuat seseorang sadar, dan kesadaran mengharuskan seseorang berbuat ikhlas kepada Allah SWT, maka dari itu Allah SWT. lanjutkan dengan perintah berbuat ikhlas. Yakni dengan berbuat ikhlas dalam beribadah dan dalam taqarrub (pendekatan diri) kepada-Nya. Ikhlas artinya membersihkan niat karena Allah SWT. dalam semua ibadah baik yang wajib maupun yang sunnah, baik yang terkait dengan hak Allah maupun hak hamba Allah.
Oleh karena itu jangan pedulikan mereka dan janganlah yang demikian itu menghalangi kamu dari menjalankan agamamu, dan janganlah kamu berhenti hanya karena ada celaan orang yang mencela, karena memang orang-orang kafir tidak suka sekali dengan ikhlas sebagaimana yang diterangkan dalam surah Az Zumar: 45.
Jadilah anak Bangsa yang selalu mempertahankan NKRI dan Ideologi Pancasila, karena Bangsa kita adalah Bangsa yang kuat dan Berdiri dengan perjuangan bukan warisan.

“Mari, jaga kedaulatan NKRI, kita awali dengan menjaga lingkungan sekitar dengan mengadakan siskamling”


Ponpes UNIQ hidup sendiri berdikari sendiri, membangun semangat juang sendiri, dan UNIQ tidak bersandar kepada apapun dan kepada siapapun, bahkan tidak ada satupun yang melihat ataupun mendukung semangat juang ini, akan tetapi PONPES UNIQ sangat yakin di belakang kita ada Allah SWT, Para Malaikat,  Para Nabi, Para Imam, Para Wali, Para Ulama Nusantara, para Pahlawan dan, kerajaan kerajaan yang selalu menjaga dan membantu perjuangan ini.


Salam Jiwa NKRI
Salam Jiwa Merah Putih
Salam Jiwa Pancasila
Salam Jiwa Bhinneka Tunggal Ika
Salam Jiwa Rakyat Indonesia
Salam Jiwa Lintas Agama
Salam Jiwa Angkatan Darat (AD)
Salam Jiwa Angkatan Laut (AL)
Salam Jiwa Angkatan Udara (AU)
Salam Jiwa Polisi
Salam Jiwa Rindu Ghufron

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh,
Salam Sejahtera,
Rahayu,

Malang, Sabtu 17 Juni 2017
Waktu: 20.15 WIB

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SALAM JIWA PANCASILA"

Posting Komentar