Forum Advokat Pengawal Pancasila Sowan PBNU ajak Bersama kawal Pancasila

MusliModerat.net - Jakarta - Forum Advokat Pengawal Pancasila (FAPP) menemui Pengurus Besar Nahdlatul Ulama guna membahas langkah bersama dalam melawan radikalisme. Pertemuan ini juga membahas cara menjaga Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

Sekretaris Jenderal PBNU Helmy Faishal menerima kedatangan anggota FAPP secara tertutup. Namun inti pertemuan itu ialah komitmen kebersamaan untuk terus menjaga Indonesia.

"PBNU kedatangan tamu dari teman-teman Advokat Pengawal Pancasila, beliau menyampaikan jangan khawatir NU tidak sendirian mengawal Pancasila," ujar Helmy di kantor PBNU, Jalan Kramat Raya Nomor 164, Jakarta Pusat, Kamis (15/6/2017).

Helmy mengatakan menerima masukan dari FAPP terkait dengan komitmen mengawal Pancasila. Dia juga mengatakan pertemuan ini bersifat masukan saja.

"Ada beberapa hal yang disampaikan ke Presiden tapi, sekali lagi, saya tidak bisa menyebutkan karena ini bersifat tertutup, tapi ini bersifat masukan-masukan," ucapnya.

Sama halnya dengan pernyataan anggota FAPP, I Wayan Sudirta. Ia mengatakan pihaknya mendukung pemerintah dalam menjaga Pancasila. Siapa pun yang mengganti Pancasila akan berurusan dengan hukum tanpa sikap represif.

"Jadi yang nomor satu, Pancasila ini tegak. Mari kita hadapi siapa pun yang mengganti Pancasila, mari kita sama-sama mendukung pemerintah kalau ada yang melanggar aturan, lalu siapa pun yang mengganti Pancasila. Kita dorong Pancasila melalui jalur hukum tanpa bersikap represif," ujar Wayan.

Wayan mengatakan penegakan hukum tidak cukup dengan legitimasi yuridis dan legitimasi sosial. Namun hal ini akan semakin baik bila ada komunikasi dengan NU sebagai ormas yang mempunyai pengalaman panjang.

"NU punya pengalaman panjang bagaimana bangun masyarakat, membela masyarakat, membela orang-orang kecil, yang sebenarnya juga sama sisi advokat itu juga membela orang kecil yang tertindas, selain mereka menghidupi dirinya sendiri," tuturnya.

Sesuai dengan tema mempertahankan Pancasila, Wayan yakin tidak salah mengunjungi NU. Hal ini guna mendapat masukan dan kerja sama dalam menjaga Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Saya yakin tidak salah kalau NU pertama yang kita kunjungi, untuk mendapat sejenis masukan, lalu kemudian kita mencoba nanti mungkin ada kerja sama yang bisa kita lakukan," tutur Wayan. 
(cim/nkn/detikcom)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Forum Advokat Pengawal Pancasila Sowan PBNU ajak Bersama kawal Pancasila"

Posting Komentar